Minggu, 11 Juli 2010

DRAMA MUSIKAL

Bagi pecinta musikal, tentu tidak asing mendengar judul judul seperti "The Sound Of Music", "Singing in the Rain", "West Side Story", atau para remaja pasti ingat Moulin Rouge, Across The Universe atau Enchanted. Jika anda penggemar pertunjukan musikal, pasti tak mau pulang jika berkunjung ke West End London atau Broadway New York, karena disanalah surga pertunjukan musikal berada. Ada The Phantom of the Opera, Lion King, Miss Saigon, We Will Rock You dan masih banyak lagi.

Saya salah satu penggemar musikal, maka saya beruntung bisa menyaksikan secara langsung pertunjukan musikal kelas dunia di West End London. Saya juga sempat berkeliling dari satu tempat pertunjukan ke tempat lainnya di Wynn Hotel hingga Caesar Palace Las Vegas. Melihat secara langsung pertunjukan "Cirque du Soleilnya" Franco Dragone salah satu idola saya dan merasakan langsung kesempurnaan tiada tara membuat saya terus terpacu dan bermimpi untuk suatu hari nanti bisa membuat pertunjukan sekelas mereka.

Untuk film musikal saya sudah memulainya tahun 2003, bersama Monty Tiwa dan Andi Rianto, saya membuat sebuah film musikal berjudul "Biarkan Bintang Menari". Tak berhenti sampai disitu, Ketika saya memimpin produksi inhouse RCTI, saya dan teman teman membuat sebuah pertunjukan musikal "Gemerlap Keajaiban di negeri Seribu Cinta" tahun 2007 dan "Simfoni Cinta" tahun 2008.

Maka ketika Rusdi Rukmarata dengan EKI Dancenya secara berkala mengadakan pertunjukan musikal dan yang paling anyar Ari Tulang dan Dian HP membuat "Gita Cinta dari SMA" the musical, saya bersyukur karena saya percaya ini adalah langkah langkah kecil tetapi berarti.

Kalau para orang dibelakang layarnya sudah ada, kini dibutuhkan keberanian pengusaha atau pemerintah untuk membangun gedung pertunjukan yang layak dan berstandar internasional. Dalam hal ini, Indonesia tertinggal dibanding negara negara tetangga sekalipun, seperti Singapura dan Malaysia. Tak ada satu pun gedung pertunjukan di Jakarta yang memiliki kualifikasi ideal sebagai tempat pertunjukan musikal atau pertunjukan musik lainnya.

Jika Pemerintah mengharapkan Jakarta sebagai salah satu destinasi wisata di Asia, maka salah satu atraksi yang bisa memikat wisatawan adalah pertunjukan pertunjukan seni berkelas dan bermutu.

Saya percaya, teman teman kreatif seperti Andi Rianto, Ari Tulang, Rusdi Rukmarata, Dian HP, Johan Jaffar dan yang lain sudah tak sabar untuk berkarya. Kini tinggal pemerintah dan pemilik modal yang ditunggu keberaniannya.


Jakarta, 11 Juii 2010, ditulis disela sela waktu menunggu final World Cup 2010 antara Spanyol dan Belanda.

Indra Yudhistira

2 komentar:

  1. Mau nambahin aja mas Indra, ada satu lagi menurut saya film musikal yang nggak kalah keren, tapi beda, karna bergenre horor. Mungkin mas indra juga sudah pernah nonton. Judulnya "Sweeney Todd : The Demon Barber of Fleet Street". Sutradara Tim Burton dan pemeran utamanya Johnny Depp. Walaupun efek darahnya agak 'cheesy' dan adegannya lumayan brutal, tapi buat saya drama musikal itu keren kalo ketika nonton, kita bahkan ga sadar kalo itu film musikal karena lirik & lagu yg dibawain bener-bener pas dengan cerita. Dan itu saya lihat di Sweeney Todd. Tapi itu sih menurut saya lho mas..hehehe. Btw, nice blog mas Indra. Tambahin video-video musikal dari Broadway atau West End London dong mas, supaya bisa nonton juga :)

    BalasHapus
  2. thanks Tami. Sayang saya belum menonton film musikal yang kamu sampaikan. Sudah coba cari dimana mana tapi belum ketemu. Anyway, usulan kamu untuk menampilkan video video musikal sedang saya usahakan

    BalasHapus