Minggu, 11 Juli 2010

Film animasi Indonesia, kemanakah animator animator Indonesia?

Serial Upin & Ipin seperti menohok kita, terutama orang orang yang bekerja di industri kreati Indonesia. Betapa tidak, sebuah serial animasi buatan Malaysia tiba tiba menjadi tontonan wajib anak anak Indonesia, digemari dan diidolakan. Semua barang barang yang menggunakan karakter itu laku keras. Serialnya dibeli dan ditayangkan juga di Asia oleh Disney channel. Lalu kemanakah karya animator animator Indonesia?

Serial Upin & Ipin sebenarnya bukanlah karya yang istimewa, dari sisi teknis penggarapannya masih dalam kategori biasa saja. Yang menjadikannya istimewa adalah keberanian mengangkat cerita cerita sederhana berlatar belakang lokal. Inilah juga menjadikannya sangat menarik adalah kita seperti merasa terhubung dengan masa kecil atau bagi anak anak seperti melihat diri mereka sendiri. Pesan pesannya disampaikan dengan cerdas tanpa kelihatan menggurui khas anak anak. Faktor cerita inilah yang kemudian membuat serial Upin & Ipin berbeda dengan kebanyakan serial animasi lainnya.

Lantas kemanakah serial atau film animasi Indonesia? Indonesia bukan tidak punya. Kita pernah punya serial si Huma, serial animasi produksi kalau tidak salah PPFN milik pemerintah tahun 1980an, kemudian pernah ada film Janus sang prajurit terakhir gabungan live action. Dan 3D animation sekitar tahun 2003. Tahun lalu muncul sebuah film animasi "Mengejar Mimpi", meski diproduksi oleh perusahaan Infinite framework, Singapore, sebagian besar animatornya berasal dari Indonesia dan dikerjakan di Batam. Sehingga bisa disebut sebagai karya anak bangsa

Serial dan film animasi Indonesia memang baru bisa dihitung dengan jari. Saya harus akui faktor yang membuat industri animasi tidak berkembang di Indonesia, selain faktor biaya adalah masih sedikitnya para produser yang serius menggarap potensi animasi. Akibatnya orang orang yang punya keahlian dibidang ini berjalan sendiri sendiri. Tak heran banyak dari mereka yang menerima pekerjaan lepas dari studio studio besar di manca negera sebagai "remote animator".

Saya ingin mengajak teman teman yang bergelut didunia animasi untuk bergabung mewujudkan mimpi Indonesia, yaitu dengan membuat serial atau film animasi karya anak anak Indonesia yang bisa dibanggakan. Saatnya bersatu, jangan jalan sendiri sendiri dan mulai menerima kehadiran profesi lain seperti sutradara animasi, penulis cerita dan profesi penunjang lainnya.

Jika anda tertarik kirim email diri anda dan kirim showreel ke KOMPAS GRAMEDIA group of TV di Gedung Kompas Gramedia, Unit I lantai 6, jl. Palmerah Barat 33-37, Jakarta 10270, Indonesia. Ditunggu

5 komentar:

  1. Jika diijinkan, saya siap bergabung untuk menjadi tim Film Animasi ini :)

    BalasHapus
  2. Jika dijinkan, saya siap diperbantukan ke dalam tim bikin trailer series, title design, dan dokumentasi-in behind the scenes-nya dari awalllll bgt :)

    BalasHapus
  3. will do the best sir!

    BalasHapus
  4. Mas Taufik, Adio Cooz dan teman teman animator....
    Kami sedang membentuk tim untuk mewujudkan mimpi tersebut. Salah satu persyaratan penting adalah anda memiliki pengalaman membuat animasi, atau dalam hal skenario atau produksi film. Ditunggu yah....

    BalasHapus
  5. Terima kasih..mas indra,mas taufik..mudah mudahan proyek besar ini lancar...dan harus sukses.....

    BalasHapus